Jumat, 22 Januari 2010

NERAKA

'''Neraka''' merupakan suatu tempat yang diyakini oleh penganut beberapa [[agama]] dan atau aliran kepercayaan sebagai tempat kesengsaraan [[abadi]] setelah [[mati]]. Tempat ini berada di alam gaib sebagai balasan atas perbuatan manusia yang dinilai menyimpang dari aturan agama.

== Personifikasi dalam Hindu ==
Istilah neraka berasal dari [[bahasa Sansekerta]], yaitu ''[[Naraka]]'' yang dalam [[mitologi Hindu]] dilukiskan sebagai seorang raksasa kejam. Ia merupakan putra dari [[bumi]], yang dilukiskan sebagai wanita cantik bernama [[Pertiwi]]. Naraka akhirnya tewas di tangan ayahnya sendiri, yaitu [[Wisnu]] yang dipuja umat [[Hindu]] sebagai dewa pemelihara dunia.

== Dalam Kristen ==
Kata “neraka” juga terdapat dalam banyak terjemahan Alkitab. Ayat-ayat yang sama dalam terjemahan-terjemahan lain menyebutkan “kubur”, “dunia orang mati”, dan sebagainya. Alkitab-Alkitab lain hanya mentransliterasikan kata-kata bahasa asli yang kadang-kadang diterjemahkan “neraka”; Dalam bahasa Ibrani, neraka diistilahkan sebagai "'''She’ohl'''" ([[syeol]]) dan dalam bahasa Yunani “'''Hai’des'''” ([[hades]]) sebagai kuburan umum dari umat manusia yang mati; Dalam bahasa Yunani "'''He’en-na'''" ([[gehenna]]) dan digunakan sebagai lambang dari kebinasaan kekal.

Dalam agama Kristen, Neraka terbagi dalam 3 tingkat, yaitu:
*Hades
Adalah tempat atau bagian dari neraka yang paling atas atau sama dengan tempat penantian. namun di dalam tempat penantian itupun banyak jiwa yang tidak luput dari pandangan para utusan neraka.
*Neraka
Adalah tempat atau bagian tengah dari neraka. Siksaan di bagian ini lebih kejam daripada di hades.
*Jurang tak berdasar.
Adalah bagian neraka yang paling dalam. Di tempat ini terdapat lautan api dan belerang dimana para jiwa yang berdosa direndam dalam lautan itu. Di tempat itu pula Allah memenjarakan Sang Naga atau Iblis yang akan dilepaskan pada masa tujuh tahun penderitaan.

== Dalam Islam ==
'''Neraka''' adalah tempat penyiksaan bagi mahluk [[Allah]] yang membangkang. Mereka adalah orang-orang yang membangkang terhadap [[syariat]] Allah dan mengingkari Rasulullah saw.

Kata neraka sering disebutkan dalam kitab suci [[Al-Qur'an]] dan jumlahnya sangat banyak sekali.
Dalam [[bahasa Arab]] disebut ''naar''النار (ar)* (an-nār).

Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kokoh dan tertutup rapat. Itulah pejara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat.

Ada juga orang-orang yang terakhir kali masuk surga, setelah mereka di siksa sesuai dengan dosa-dosanya yang telah mereka perbuat.

Didalam [[Al-Qur'an]] disebutkan [[bahan bakar]] neraka adalah dari [[manusia]] dan [[batu]] (ada yang mengartikan [[berhala]]). Pintu [[gerbang]] Neraka di pimpin oleh [[Malaikat]] [[Malaikat Malik|Malik]], yang memiliki 19 malaikat penyiksa didalam Neraka, salah satunya yang disebut namanya dalam Al-Qur'an adalah [[Zabaniah]].

Walaupun neraka sering digambarkan sebagai tempat penyiksaan yang teramat panas, tetapi ada hawa neraka menjadi teramat sangat dingin. Disebutkan di dalam Al-Qur'an:
{{cquote|''Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. ({{Quran-s|Sad|38|57}})}}

Siksaan di dalam neraka yang paling ringan diberikan [[sandal]] api yang bisa membuat [[otak]] mereka mendidih.
“Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang [[sandal]] yang talinya terbuat dari [[api]] neraka, lalu mendidihlah [[otak]]nya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam [[periuk]]. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan.” (HR. [[Bukhari]]-[[Muslim]])

=== Nama-nama pintu neraka ===
Neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama '''[[Jahannam]]'''. Jahannam itu memiliki 7 [[pintu]], setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Pintu (tingkat) neraka yang disebutkan didalam [[Al Qur'an]] adalah:

* '''[[Hawiyah]]''' {{br}} Neraka yang diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup didunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan. Orang [[muslim]] laki dan perempuan yang tidak tanduknya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, seperti para wanita muslim yang tidak menggunakan [[jilbab]], bagi para lelaki muslim yang sering memakai [[sutra]] dan [[emas]], mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan [[riba]] dan sebagainya, Hawiyah adalah sebagai tempat tinggalnya. [[Surah Al-Qari'ah]].
* '''[[Jahiim]]''' {{br}} Neraka sebagai tempat penyiksaan orang-orang [[musyrik]] atau orang yang menyekutukan [[Allah]]. Mereka akan disiksa oleh para sesembahan mereka. Dalam ajaran Islam [[syirik]] adalah sebagai salah satu [[dosa]] paling besar menurut Allah, karena syirik berarti menganggap bahwa ada [[makhluk]] yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allah dan bisa pula menganggap bahwa ada Tuhan selain Allah. [[Surah Asy-Syu'ara']] dan [[Surah As-Saffat]].
* '''[[Saqar]]''' {{br}} Neraka untuk orang [[munafik]], yaitu orang yang mendustakan perintah [[Allah]] dan [[rasul]]. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan [[Muhammad]], tetapi mereka meremehkan syariat Islam. [[Surah Al-Muddassir]].
* '''[[Lazhaa]]''' {{br}} Neraka yang disedi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar